Selasa, 18 Oktober 2011

Web-based SIA - Sebuah Proyek Sistem Informasi Akademik berbasis WEB

Riwayat Pembuatan
Pada awalnya aplikasi ini dibuat untuk memenuhi pesanan perguruan tinggi dibawah departemen agama Republik Indonesia, IAIN Walisongo Semarang (pertengahan tahun 2002). Pada waktu yang hampir bersamaan, sebuah perguruan tinggi swasta di Semarang (STIMIK-AKI) dan kemudian Jurusan Teknik Sipil Undip, juga memesan 'barang' yang sama, yaitu sebuah perangkat lunak komputer untuk mengelola data akademik. Untuk mewujudkan proyek ini, langkah pertama adalah saya mencari partner; dan kandidat paling tepat untuk ini tentu saja mahasiswa saya sendiri dari jurusan teknik elektro universitas diponegoro. Berikut saya perkenalkan tim pengembang; saudara Bondan Muliawan (yunior programmer, angkatan '98),  Didik A dan Tunggul S (trainner dan network administrator, angkatan '99) dan Salmon G (system security, angkatan '98) serta saya sendiri (Kodrat IS) sebagai team leader, system analyst sekaligus senior programmer.
Singkat cerita, sistem yang kami kembangkan berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan hingga saat ini (desember 2009) kami sudah berhasil mengembangkan 2 (dua) jenis pengguna yaitu SIA+ dan SIA. Bahkan penggunanya (iain walisongo, stain-kudus/kediri/tulungagung, universitas diponegoro semarang dan universitas ahmad dahlan yogyakarta) dapat langsung bekerja, karena kami berhasil mentransfer data sistem lama menuju sistem baru. Pada waktu yang akan datang, kalau ada perguruan tinggi yang menginginkan salinan dari aplikasi ini, calon pengguna dapat memilih kelompok yang paling mendekati spesifikasinya dan tidak tertutup kemungkinan akan muncul kelompok pengguna baru.
Saat ini, selain Web-based SIA, kami juga sudah menyelesaikan produk Web-based SIE (sistem informasi eksekutif) yaitu sistem informasi yang dapat menyajikan informasi-informasi akademik/kepegawaian dan keuangan untuk eksekutif (pimpinan perguruan tinggi) serta Web-based SIK (sistem informasi kepegawaian) pada lingkungan perguruan tinggi.
Kami sangat berharap bahwa proyek ini dapat berjalan terus dan semakin banyak perguruan tinggi yang memanfaatkan aplikasi ini. Dan untuk membiayai proyek ini, kami akan meniru cara yang ditempuh oleh beberapa proyek open source (seperti apache atau mysql), tergantung dari kemampuan calon pengguna, mulai dengan kerjasama saling menguntungkan hingga penjualan produk ini secara komersial dengan harga terjangkau.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar